Rekomendasi Alat Pintar Untuk Smart Home yang Mempermudah Ibu Rumah Tangga

alat pintar untuk smart home

Siapa nih yang ingin rumahnya menjadi smart home? Wah...pastinya banyak bunda-bunda yang ingin rumahnya menjadi smart home untuk membantu memudahkan berbagai pekerjaan rumah tangga. Apa itu smart home? Mungkin masih ada bunda-bunda yang belum mengetahui secara jelas tentang konsep smart home, yang sedang tren dalam beberapa tahun terakhir ini. Smart Home atau yang dikenal juga sebagai rumah pintar adalah sebuah konsep rumah yang mengadopsi teknologi canggih untuk diaplikasikan pada berbagai alat atau perangkat pendukung rumah tangga dengan tujuan untuk memudahkan serta meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Mengapa disebut sebuah rumah disebut smart home? Tidak lain dan tidak bukan karena didalam rumah tersebut terdapat berbagai alat atau perangkat yang berbasis teknologi dan bisa dikendalikan melalui perangkat teknologi, berupa tablet atau smartphone. Tidak hanya bisa dijalankan secara otomatis dari perangkat teknologi yang dimiliki, alat-alat pintar tersebut bisa dikendalikan atau dikontrol dari jarak jauh secara real time. Nah, dengan sistem smart home ini semua alat pintar atau perangkat yang ada dalam rumah tersebut akan saling terhubung dan bekerja sesuai dengan kebutuhan atau preferensi penghuni rumah.

Konsep smart home yang kini mulai diminati banyak keluarga terutama dikota-kota besar sangat berkaitan erat dengan teknologi Internet of Things (IoT), dimana IoT ini merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai perangkat fisik, yang dilengkapi dengan teknologi internet untuk bertukar data atau berinteraksi satu sama lain. Nah, dalam konteks smart home ini, IoT memungkinkan semua perangkat yang berbasis teknologi dalam rumah tangga bisa beroperasi serta dikendalikan dari jarak jauh, menggunakan aplikasi mobile yang ada dalam perangkat smartphone atau tablet. 

Tidak hanya dikendalikan dari jarak jauh, meskipun penghuni berada di rumah, alat pintar tersebut secara teratur bisa melakukan tugasnya secara otomatis, misalnya lampu murah, AC, sistem keamanan, dan lainnya. Kemudahan dalam mengoperasikan alat pintar inilah yang dianggap sangat mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga, bahkan tidak hanya itu smart home ternyata memiliki berbagai manfaat positif lainnya yang membuat keluarga dan lingkungan sekitar rumah lebih nyaman.

Manfaat Alat Pintar Untuk Smart Home

Sebagian besar rumah tangga terutama di kota-kota besar mulai mengadopsi teknologi smart home sebagai salah satu cara agar nyaman saat berada dalam rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi, keberadaan alat pintar di hunian yang berkonsep smart home ternyata tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penghuninya tapi juga menawarkan berbagai kemudahan untuk ibu rumah tangga dalam mengurus rumah. Nah, berikut ini beberapa manfaat penggunaan alat pintar dalam rumah tangga yang berkonsep smart home.

Cara Untuk Menghemat Energi

Rumah berkonsep smart home dengan penggunaan alat pintar sangat membantu dalam hal penghematan energi. Bagaimana tidak? Dengan sistem kontrol yang efisien dan smart, perangkat rumah tangga yang menggunakan alat pintar hanya akan beroperasi saat dibutuhkan dan jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu atau alat tersebut mendeteksi tidak ada penggunaan, maka perangkat pintar tersebut secara otomatis akan memutus kontak dengan listrik sehingga penggunaan energi akan lebih optimal. Untuk jangka panjang, rumah berkonsep smart home akan sangat membantu serta mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan prinsip hemat energi.

Memiliki Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Salah satu aspek penting yang sangat dipertimbangkan ketika memilih rumah berkonsep smart home adalah masalah keamanan, dimana alat atau perangkat pintar yang digunakan umumnya sudah dilengkapi sistem keamanan yang baik dan canggih. Bahkan, pemilik rumah bisa mendeteksi dengan mudah melalui aplikasi yang ada dalam smartphone atau tablet jika ada masalah atau trouble saat menggunakan perangkat tersebut secara real time. Sedangkan dari sisi penggunaan alat pintar tersebut, tentu akan memberikan keamanan yang lebih baik karena pemilik rumah bisa mengontrol dan memantau kondisi dalam rumahnya meskipun berada jauh dari rumah, misalnya menutup dan mengunci pintu, mematikan lampu, AC, dan sebagainya.

Upaya Untuk Mengontrol dan Monitoring Lebih Efisien

Satu hal yang tidak bisa dipungkiri, penggunaan smart home akan membuat proses kontrol dan monitoring kondisi rumah jadi lebih efisien, meskipun penghuni jauh berada di luar rumah. Jadi tidak ada lagi cerita lupa mematikan lampu, AC, bahkan kran air, karena semua alat ini sudah dilengkapi sistem yang smart, yang memungkinkan penghuni rumah bisa mengontrol dari jarak jauh. Hal ini tentu saja tidak hanya memberikan ketenangan serta kenyamanan tapi juga kemudahan bagi pengguna smart home.

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat jika memilih rumah berkonsep smart home, tentu ibu rumah tangga sebagai seseorang yang nyaris menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengurus rumah tangga harus tahu nih alat pintar apa saja untuk smart home yang bisa mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga sekaligus menghemat waktu sehingga ibu rumah tangga bisa memiliki waktu untuk melakukan aktivitas lain yang mungkin saja memberikan manfaat ekonomis bagi dirinya serta keluarganya.

Rekomendasi Alat Pintar Untuk Smart Home yang Mempermudah Ibu Rumah Tangga

Dalam kenyataannya, ada banyak ibu rumah tangga yang tidak hanya mengurus keluarga di rumah tapi juga memiliki profesi sebagai pekerja di luar rumah. Ada yang bekerja di kantor, memiliki bisnis atau usaha sendiri, bahkan ada yang memiliki kantor atau perusahaan sendiri sehingga kesehariannya lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Saat pulang beraktivitas, tentu ibu rumah tangga yang juga sebagai ibu pekerja butuh istirahat untuk memulihkan tenaga agar bisa memaksimalkan perannya sebagai istri dan seorang ibu. Melelahkan? Tentu saja, apalagi ada momen dimana anak-anak tidak bisa diajak bekerja sama dan memahami bahwa ibunya dalam kondisi lelah.

Disinilah peran besar alat-alat pintar yang digunakan rumah tangga berkonsep smart home, karena ada cukup banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang dimudahkan keberadaan teknologi modern tersebut. Berikut ini beberapa rekomendasi alat pintar untuk smart home yang mempermudah ibu rumah tangga.

Cara Mudah Bersihkan Rumah Dengan Robot Vacuum Cleaner

Siapa nih yang dirumahnya sudah memiliki alat pintar untuk membantu membersihkan lantai rumah, yaitu Robot Vacuum Cleaner? Pastinya semua orang tidak suka rumahnya terlihat kotor dan berantakan, bahkan tidak jarang terdapat banyak debu di sudut-sudut lantai rumah. Selain tidak sedap dipandang mata, debu dan kotoran yang tidak dibersihkan setiap hari hingga akhirnya menumpuk bisa membawa bakteri dan virus yang berbahaya, yang pastinya bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi penghuni rumah tersebut. Inilah alasan mengapa ibu rumah tangga harus menyisihkan atau meluangkan waktu setiap hari melakukan deep cleaning atau membersihkan rumah, terutama lantai rumah.

Robot Vacuum Cleaner
Foto: freepik.com

Perkembangan teknologi yang kini semakin canggih membuat para ibu rumah tangga tidak perlu khawatir harus membersihkan rumah setiap hari, karena untuk urusan bersih-bersih rumah bisa diserahkan pada alat pintar, yaitu Robot Vacuum Cleaner. Robot Vacuum Cleaner merupakan produk teknologi yang bisa menjadi solusi untuk membersihkan rumah secara praktis dan cepat dari debu atau kotoran lainnya tanpa harus repot mengerjakan secara manual dengan sapu atau alat pembersih lainnya. Dibekali teknologi canggih, alat pintar ini bisa membersihkan lantai secara otomatis dengan cara pakai serta durasi yang disesuaikan kebutuhan. Nah, alat pintar ini sangat bisa mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga sehingga tidak perlu setiap hari membersihkan lantai rumah secara menual.

Udara Di Rumah Jadi Sehat dan Segar Berkat Air Purifier

Siapa nih yang memiliki anak-anak atau anggota keluarga sensitif terhadap udara kotor atau sejenisnya? Terkadang kondisi ini membuat ibu rumah tangga harus bekerja ekstra membersihkan rumah agar suasana rumah terbebas dari debu atau kotoran yang memicu reaksi sensitif anggota keluarga. Lelah bukan? Tenang...jangan khawatir karena keberadaan alat pintar yang terdapat pada smart home sangat membantu ibu rumah tangga untuk urusan bersih-bersih rumah dan membuat udara dalam rumah menjadi sehat serta segar, yaitu alat pintar Air Purifier. 

Apa itu Air Purifier? Bagi yang belum mengetahuinya, Air Purifier merupakan pemurni udara andalan yang digunakan untuk mendapatkan udara yang bersih dan sehat di dalam rumah. Cara kerja alat pintar ini dengan menyedot udara ke dalam filter untuk disaring kemudian disalurkan kembali menjadi udara dengan kualitas yang lebih bersih dan sehat. Alat pintar untuk menyaring udara ini sangatlah bermanfaat bahkan sangat penting mengingat udara yang bersih dan sehat di kota besar semakin sulit didapat. 

Air Purifier
Foto: freepik.com

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan udara yang bersih dan sehat, kini alat pintar Air Purifier makin diminati, bahkan di smart home alat ini sudah menjadi benda yang wajib ada di rumah. Selain untuk menyaring udara di rumah agar sehat dan segar, alat pintar Air Purifier juga memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya membantu menghilangkan bau tidak sedap, membantu mencegah penyebaran jenis penyakit yang menular melalui udara, meningkatkan kualitas tidur atau istirahat, menangkap bulu halus hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Nah, Air Purifier ini bisa membantu mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga lho, pastinya untuk urusan bersih-bersih rumah.

Masak Praktis Menggunakan Air Fryer

Nah ini satu lagi alat pintar yang saat ini sedang digemari ibu rumah tangga, yaitu Air Fryer. Untuk urusan masak-memasak terutama menggoreng aneka masakan, Air Fryer sangat membantu dan pastinya mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga. Bagi yang belum mengetahuinya, Air Fryer adalah alat masak masa kini atau modern yang dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan, mulai dari aneka gorengan, kentang, sayuran, ayam, ikan, dan beragam makanan siap saji atau frozen food. Lantas bagaimana cara kerja alat pintar ini? Air Fryer bekerja dengan sistem sirkulasi udara panas di dalam perangkatnya yang bisa mencapai suhu 200 derajat Celcius.

Air Fryer
Foto: freepik.com

Alat pintar ini disukai ibu rumah tangga karena untuk menggoreng aneka makanan hanya membutuhkan sedikit minyak (sekitar 1 sendok makan) atau bahkan tidak sama sekali, tergantung jenis makanan yang akan digoreng. Bagi yang sedang diet makanan yang dimasak menggunakan minyak, Air Fryer sangat cocok karena minyak yang terdapat dalam makanan justru akan dikeluarkan, dan ada tempat khusus atau wadah untuk menyaring minyak dalam makanan tersebut. Tidak heran jika Air Fryer memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh manusia, diantaranya menurunkan kandungan lemak dalam makanan, membantu menurunkan berat badan, mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan, dan masih banyak lagi.

Hunian Aman Dengan Memasang CCTV

Keberadaan CCTV di lingkungan perumahan bukan lagi sesuatu yang dianggap asing atau tergolong barang mewah. Saat ini sudah banyak hunian yang menambahkan sistem pengamanan untuk rumahnya dengan alat pintar yang disebut CCTV. Apa itu CCTV? Bagi yang belum mengetahuinya, CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television yang biasanya digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap satu area atau satu tempat dengan tujuan untuk pengamanan. Lazimnya di gedung-gedung besar atau bertingkat, di mall, dan ruang publik lainnya, rekaman CCTV baik secara real time maupun dalam bentuk rekaman akan terlihat atau ditampilkan pada layar monitor. Namun seiring makin berkembangnya teknologi CCTV, alat pintar ini digunakan untuk melengkapi sistem pengamanan hunian.

CCTV untuk Smart Home
Foto: freepik.com

Bagi ibu rumah tangga, tentu keberadaan CCTV di rumah sangat membantu mempermudah mengawasi ruangan tertentu dalam rumah, apalagi jika masih memiliki anak usia bayi, batita, dan balita. Bahkan, bagi ibu yang masih memiliki bayi, alat pintar ini bisa ditempatnya di ruangan bayi agar mudah dideteksi gerakannya. Alat pintar ini juga sangat bermanfaat bagi orangtua terutama ibu yang bekerja di luar rumah, karena dari CCTV  ini orangtua terutama ibu bisa mengawasi berbagai aktivitas di dalam rumah melalui smartphone miliknya. Selain bisa membantu mengawasi kinerja asisten rumah tangga, rekaman CCTV bisa dijadikan bukti jika suatu saat mengalami masalah keamanan. Nah, saat ini sudah banyak Smart Home yang sudah dilengkapi CCTV di berbagai sudut ruangan.

Kunci Rumah Praktis Dengan Smart Door Lock

Suka lupa mengunci pintu rumah atau justru sering lupa meletakkan kunci rumah? Nah, bagi ibu rumah tangga yang memilih rumah dengan desain Smart Home tidak perlu merasa kebingungan lagi karena sudah ada solusi yang mempermudah urusan kunci-mengunci rumah, yaitu dengan alat pintar Smart Door Lock. Bagi yang belum mengetahuinya, Smart Door Lock atau disebut juga kunci pintu pintar adalah kunci yang memiliki sistem penguncian yang lebih canggih jika dibandingkan kunci tradisional yang selama ini masih digunakan banyak hunian, yang harus dibuka menggunakan kunci. Hunian yang menggunakan Smart Door Lock ada beberapa jenis, diantaranya menggunakan keypad, biometric, dan lainnya.

Smart Door Lock
Foto: freepik.com

Ada beberapa manfaat jika hunian menggunakan smart door lock, diantaranya kinerja pengamanan hunian lebih tinggi karena tidak sembarang orang memiliki akses untuk menggunakan smart door lock, memberikan nilai tambah bagi hunian, lebih kekinian, dan masih banyak lagi. Jika memilih hunian dengan model smart door lock, pastikan untuk memilih yang tepat karena kunci rumah pintar ini memiliki beragam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah, bagi ibu rumah tangga yang kerap merasa kerepotan harus bolak-balik membuka pintu jika ada anggota keluarga yang pulang atau ingin masuk rumah, smart door lock bisa menjadi pilihan yang pastinya akan mempermudah ibu rumah tangga.

Bagaimana? Ingin memiliki hunian dengan konsep smart home? Jika ya, maka pastikan di hunian tersebut sudah terpasang berbagai alat pintar yang akan mempermudah dan pastinya sangat membantu ibu rumah tangga. Ternyata, pesatnya perkembangan teknologi yang diadaptasi pada konsep hunian Smart Home membawa banyak dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan, yang pastinya sangat mempermudah ibu rumah tangga. 

Tidak hanya mempermudah, penggunaan teknologi pintar pada Smart Home membawa efisiensi dalam penggunaan waktu dan tenaga serta pastinya memberikan kenyamanan yang maksimal bagi keluarga modern. Inilah beberapa rekomendasi alat pintar untuk Smart Home yang mempermudah ibu rumah tangga.

seputarbunda.com
seputarbunda.com Dunia Seputar Bunda merupakan website atau blog yang menyampaikan informasi-informasi yang dekat dengan kehidupan seorang Bunda bersama Keluarga Tercinta. Untuk kepentingan Kerjasama, bisa hubungi melalui alamat email: erlisevelina@outlook.com

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Alat Pintar Untuk Smart Home yang Mempermudah Ibu Rumah Tangga"